•12/20/2010

Bola.net - Striker baru Timnas Indonesia Christian Gonzalez mendapatkan pujian dari beberapa jajaran direktur tim nasional pandai memanfaatkan posisi untuk mendobrak gawang lawan sehingga dia dapat diandalkan di ajang AFF Suzuki Cup 2010 yang akan dimulai Rabu.

"Dulu memang dia seorang pemain yang kurang berlari, bahkan 70 persen hampir tak ada larinya. Tapi dia tipikal seorang pemain yang pandai memanfaatkan posisi," ujar Asisten Manajer Timnas Indonesia Iwan Budianto di Jakarta, Senin.

Iwan yang mantan manajer Persik Kediri semasa Gonzalez bermain di klub tersebut mengungkapkan, meski pemain yang akrab disapa El Loco itu kurang banyak bergerak tetapi memiliki kehandalan dan mampu mengolah bola dengan apa pun ketika mendapat umpan untuk menjadikan gol.

Selain itu El Loco juga diakui Iwan Budianto seorang pemain bertemperamen tinggi dan mudah emosi sehingga dia pernah terjerat sanksi dari Komisi Disiplin PSSI hingga lima kali. Namun dalam satu tahun terakhir, lanjutnya, sejak sanksi 12 bulan dari Komdis diampuni oleh Ketua Umum PSSI, karakter El Loco banyak berubah.

"Dia sudah lebih rajin menjemput bola ke mana pun dan juga sikap temperamennya sudah jauh berkurang. Sekarang dia lebih rajin lagi mencari bola sampai turun ke tengah," paparnya.

Iwan mengaku sangat memahami karakter pemain bernama lengkap Cristian Eduardo Carrasco Gonzales itu, apalagi kini sudah menjadi pemain naturalisasi dan direkrut Timnas. Iwan pun yakin El Loco akan memberikan yang terbaik bagi Timnas karena hal itu merupakan mimpinya sejak lama dan setelah direkrut seharusnya menjadi puncak dari mimpinya.

Iwan merupakan pihak yang pertama kali menemukan pemain asal Uruguay itu sejak 2003 dan semula dipinjamkan ke PSM Makassar. Gonzalez pun sejak 2006 telah berupaya untuk meminta statusnya sebagai warga negara Indonesia dengan dukungan penuh dari keluarganya.

"Dia selalu bermimpi bagaimana bisa berkostum nasional. Ketika mimpi itu datang, ada dua hal yang bisa terjadi, yaitu dia bisa menjalankan perannya sesuai dengan apa yang diimpikannya atau dia akan terburu-buru karena terlalu gembira," ujarnya.

Terkait dengan penampilannya di AFF Suzuki Cup nanti, Iwan dan juga Manajer Tim Andi Darussalam Tabusala memang sudah mengantisipasi karakter El Loco agar tidak terjebak oleh pancingan emosi dari pemain lawan.

"Mengenai temperamen Gonzalez saya sangat paham, tapi Iwan yang lebih tahu karena dia pernah menjadi pemain Persik. Mudah-mudahan dia bisa semakin mendewasakan dirinya. Sebagai pemain naturalisasi tentu dia mempunyai motivasi dan dedikasi yang lebih. Saya tidak pernah ragu dengan dia," ujar Andi Darussalam. (ant/fjr)

 

Sumber : http://m.bola.net , 30-11-2010 | 06:15

|
This entry was posted on 12/20/2010 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: